Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017

DSC_0202

DSC_0163 (FILEminimizer)DSC_0202

Terhitung mulai dari tanggal 03 s/d 06 April 2017 SMK Negeri 1 Kota Besi melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disebut juga UBK. Persiapan untuk melaksanakan hajat tahunan ini telah dilakukan oleh pihak sekolah jauh – jauh hari. Mulai dari mempersiapkan perangkat komputer yang akan digunakan hingga kesiapan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Simulasi UNBK juga telah dilaksanakan sebelumnya, kegiatan dilakukan dalam 3 tahap, kegiatan simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan peserta didik dalam mengerjakan soal menggunakan sistem komputer. Dalam pelaksanaanya semua berjalan dengan lancar. Selain melakukan simulasi UNBK, pihak sekolah juga memfasilitasi peserta didik dalam proses pendalaman materi (pengayaan) yang bertujuan agar peserta didik dapat mengingat kembali materi yang telah lama diajarkan dan lebih menguasai materi mata pelajaran yang akan diuji kan.

Pelaksanaan UNBK pada tahun ini diikuti sekitar 104 siswa dari tiga program keahlian, teknis pelaksanaan ujian terbagi dalam 3 sesi yakni pagi, siang, dan sore. Dalam setiap sesi ada sekitar 35 siswa yang mengerjakan ujian.

Berdasarkan pemantauan sejak hari pertama pelaksanaan UNBK berlangsung lancar, tidak ada kendala teknis yang dihadapi oleh para siswa. Namun pada hari terakhir Kamis (/06/04/2017) pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Kota Besi terjadi kendala/gangguan teknis berupa tidak munculnya materi/soal ujian di layar monitor siswa, sehingga para siswa jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) terpaksa harus menjalani ujian susulan yang akan digelar pada 18-19 April 2017 mendatang.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *